Hindari Pengeluaran Dana Tak Terduga dengan Menyiapkan Anggaran Biaya Perawatan AC

Service AC Jogja, Jogja-ac.com – Matahari bersinar terik. Anda berjalan menuju ruangan berharap mendapati suasana nya sejuk dan segar di sana. Namun suasana di dalam ruangan tidak seperti yang diharapkan, sangat pengap dan gerah. Benar sekali, ternyata ada masalah pada Air Conditioning (AC) di dalam ruangan Anda. Apakah Anda pernah mengalaminya? Apabila belum, tidak ada salahnya Anda menyiapkan anggaran khusus untuk biaya perawatan AC.

AC merupakan salah satu produk teknologi yang digunakan untuk mengatur suhu dan kelembaban udara dalam suatu ruangan sesuai kebutuhan. Bisa digunakan untuk mendinginkan dan menghangatkan ruangan.
Prinsip kerjanya menggunakan konsep fisika dengan hukum kekekalan energi dan konsep kimia dengan memanfaatkan sifat kimiawi gas freon. Hukum kekekalan energi yang dimaksud di atas adalah energi masuk sama dengan energi keluar. Inilah yang menyebabkan AC menghasilkan udara dingin di dalam dan udara panas di luar.

Prinsip kerja AC ini berjalan dalam siklus mesin pendingin (refrigerator). Menggunakan kompresor untuk untuk mensirkulasikan Freon. Freon adalah senyawa kimia yang tidak memiliki warna, tidak berbau, dan tidak mudah terbakar. Biaya perawatan AC yang harus disiapkan salah satunya berhubungan dengan Freon ini.

Freon yang merupakan komponen terpenting pada AC memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis Freon AC ini terkait dengan dampak penggunaannya terhadap lingkungan. Jenis- jenis Freon AC yang ada dipasaran yaitu: R22, R32, R410A dan R290. Namun sejak tahun 2015 Freon jenis R22 sudah dihapus dan tidak diizinkan dijual lagi di Indonesia. Karena Freon jenis ini memiliki potensi perusak ozon.

Anggaran Biaya Perawatan AC

Menyiapkan biaya perawatan AC merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen pada AC. Biaya perawatan AC tentu berbeda-beda untuk tiap perlakuan yang diberikan. Berikut adalah beberapa jenis layanan perawatan AC yang dapat Anda siapkan anggarannya:

1. Pembersihan AC

Pembersihan AC biasa disebut dengan istilah cuci AC. Cuci AC dilakukan untuk membersihkan bagian dalam maupun luar AC. Bagian yang berada di dalam ruangan serta bagian yang berada di luar ruangan. Adapun waktu ideal untuk cuci AC bisa 3-4 bulan sekali disesuaikan dengan intensitas pemakaian dan kualitas udara di area ruangan tersebut. Biaya perawatan AC yang harus disiapkan untuk layanan ini sekitar Rp 65.000; sampai dengan Rp 75.000;.

2. Tambah Freon

Ketika AC Anda sudah tidak dingin seperti biasanya, bisa jadi mengindikasikan bahwa Anda harus melakukan penambahan Freon. Freon pada umumnya ditambahkan setiap satu tahun sekali. Biaya perawatan AC yang harus disiapkan untuk layanan ini sekitar Rp 150.000; sampai dengan Rp 250.000; tergantung jenis Freon yang digunakan.

3. Isi Freon

Apabila telah dilakukan penambahan Freon namun AC belum kembali seperti biasa, munkin saja ada kebocoran pada sistem AC. Untuk mengatasinya, Anda harus menisci ulang atau mengganti Freon. Biaya perawatan AC untuk layanan isi Freon ini kurang lebih Rp 250.000; sampai dengan Rp 450.000; tergantung juga dengan jenis Freon yang digunakan.

4. Pengecekan AC

Pengecekan AC biasanya dilakukan dengan cara menyalakan AC dalam durasi waktu tertentu. Biaya pengecekan AC ini mulai dari Rp 75.000;.

Siapkan anggaran biaya perawatan AC Anda dengan bijak. Anggaran biaya perawatan AC ini akan menghindarkan Anda dari pengeluaran tidak terduga. Anda dapat menggunakan layanan penyedia jasa perawatan AC sebagai upaya mencegah kerusakan AC secara permanen.