Cara Perawatan Dan Perbaikan Ac Untuk Pemula

Service Ac Jogja, Jogja-ac.com – Air Conditioning (AC) saat ini menjadi salah satu perangkat elektronik yang digemari masyarakat. Karena mampu meningkatkan kenyamanan penggunanya, termasuk Anda. Menstabilkan suhu dan kelembaban udara di dalam ruangan adalah fungsi utamanya. Apabila fungsi utamanya terganggu, wajar jika Anda merasa kesal dan panik. Berikut akan diulas secara singkat tentang cara perawatan dan perbaikan AC. Semoga dapat mengurangi kepanikan Anda.

AC bekerja dengan cara mengubah suhu rata-rata di dalam ruangan menjadi suhu panas dan dingin. Suhu panas akan dikeluarkan melalui instalasi AC di luar ruangan, sedangkan suhu dingin akan dikeluarkan melalui instalasi AC di dalam ruangan. Suhu panas dan dingin ini dihasilkan oleh gas Freon.

Cara Perawatan dan Perbaikan AC

Simak ulasan berikut terkait cara perawatan dan perbaikan AC:

1. Mengenali komponen utama AC

Mengetahui komponen utama AC akan memudahkan Anda dalam perawatan dan perbaikan AC. Komponen utama AC adalah kompresor, kondensor, katup ekspansi, evaporator dan refrigerator. Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan gas Freon ke seluruh sistem.

Kondensor berfungsi untuk mendinginkan Freon yang sudah berubah menjadi cairan setelah melalui kompresor. Katup Ekspansi berfungsi untuk menjadikan cairan yang sudah didinginkan oleh kondensor berubah menjadi kabut. Sedangankan evaporator berfungsi mendinginkan kabut dari katup ekspansi.

2.  Mengetahui kerusakan umum pada AC

Kerusakan pada umumnya terbagi menjadi enam hal. Pertama, AC tidak menyala sama sekali. Kedua, permukaan AC diselimuti oleh es. Ketiga, bagian AC yang terpasang di luar kadang menyala kadang mati. Keempat, AC mengeluarkan suara bising. Kelima, air menetes dari AC yang terpasang di dalam ruangan. Keenam, AC tidak lagi mampu mendinginkan ruangan seperti biasanya.

3. Menjaga AC selalu dalam kondisi prima

Menjaga AC selalu dalam kondisi prima dapat dilakukan dengan cara melakukan pengecekan AC secara berkala.

4. Melakukan cuci AC tiga bulan sekali

Masalah-masalah yang timbul pada AC di atas sebagian besar disebabkan oleh debu kotoran. Hal ini dikarenakan AC bekerja dengan cara menyedot dan menyaring udara dari luar ruangan untuk mensirkulasikan udara yang sejuk ke seluruh ruangan.  Selain komponen-komponen AC di atas, yang wajib diersihkan adalah blower AC.

5. Melakukan perawatan secara teratur

Melakukan perawatan AC secara teratur dapat memberikan berbagai keuntungan. Pertama, kapasitas pendingin AC akan menjadi lebih baik. Kedua, mengurangi konsumsi listrik. Ketiga Meminimalisir kebocoran air. Keempat, AC menjadi tahan lama dalam pemakaiannya.

6. Mengganti kapasitor AC

Cara perawatan dan perbaikan AC ini dilakukan apabila terjadi masalah pada kipas AC. Baik kipas yang ada di dalam ruangan maupun kipas yang ada di luar ruangan. Jangan lupa menyesuaikan ukuran kapasitor dengan ukuran AC Anda.

7. Mengecek dan memperbaiki kebocoran pada Freon AC

Cara perawatan dan perbaikan AC ini wajib dilakukan apabila ada air yang menetes dari AC Anda. Memanggil teknisi untuk mengatasi masalah ini adalah pilihan yang dapat dilakukan jika Anda tidak begitu memahami teknis perbaikan AC.

8. Mengecek komponen AC hingga mur baut penyangganya

Cara perawatan dan perbaikan AC ini dapat Anda lakukan jika terdengar suara bising dari AC. Periksa apakah komponen dalam unit AC tidak kendor. Periksa apakah pemasangan cover body AC sudah pas atau belum. Cek juga apakah mur-baut penyangganya sudah terpasang dengan kencang.

Selamat mencoba cara perawatan dan perbaikan AC di atas.