Begini Cara Perawatan AC Split Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Service AC Jogja, Jogja-ac.com – Kehadiran Air Conditioner atau yang disebut AC bukan barang baru. Tidak hanya perkantoran bahkan hampir sebagian besar rumah juga menggunakan alat ini. AC merupakan pendingin ruangan yang sangat dibutuhkan. Terutama untuk iklim Indonesia yang seperti ini. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui seluk beluk AC termasuk cara perawatan AC split yang benar.

Penggunaan AC tentu berdasarkan kebutuhan. Ada berbagai tipe AC yang bisa Anda ketahui. Dan tipe-tipe tersebut diklasifikasikan berdasarkan ruangan tempat penyimpanan AC. Dalam memilih AC tidak hanya soal merek saja, Anda patut mempertimbangkan luas ruangan agar mendapatkan udara yang sejuk maksimal.

Sama halnya dengan berbagai barang elektronik lainnya, AC pun harus mendapatkan perawatan maksimal. Sebab jika tidak, maka AC akan mudah rusak dan tidak dapat menjalankan fungsinya. Keluhan terkait suhu AC yang panas dan berisik bisa jadi karena kurang perawatan.

Cara Merawat AC Split Yang Benar Dan Mudah.

Ada beberapa indikasi terjadi gangguan pada AC. Beberapa diantaranya adalah suhu AC yang tidak dingin lagi, suara mesinnya yang ribut atau bahkan terdapat tetesan air yang merembes. Semua ini merupakan tanda awal terjadi permasalahan pada AC.

Berikut ini merupakan cara perawatan AC split yang benar. Sebaiknya, Anda bisa langsung menerapkannya agar kondisi AC bisa tahan lama. Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan Anda.

Rutin Membersihkan Filter

Pada komponen AC terdapat filter. Filter berfungsi untuk menyaring udara yang keluar masuk. Pada penggunaan rutin, tentu filter AC akan mudah berdebu. Debu yang menumpuk biasanya menjadi penyebab suhu AC tidak terasa dingin. Maka dari itu, Anda perlu membersihkannya dengan segera dan hati-hati.

Cara membersihkan filter AC ini tidak susah. Beberapa produsen AC merancang pembuatan filter AC agar mudah untuk dilepas pasang. Hal ini tentu untuk memudahkan proses pembersihan meski tidak memanggil tukang AC. Anda bisa melakukannya sendiri dan membersihkannya seperti membersihkan benda biasa. Yang paling utama adalah debu yang menempel bisa hilang.

Ganti Cairan Freon

Cara perawatan AC split yang benar bisa juga dengan memastikan cairan freon tetap dalam kondisi aman. Jangan sampai kehabisan cairan freon. Jika hal ini terjadi, maka AC tidak dapat mengeluarkan suhu sejuk lagi. Yang ada malah ruangan akan terasa panas.

Penggantian freon biasanya dilakukan berdasarkan aktivitas AC. Semakin sering digunakan, maka kinerja AC makin meningkat. Tentu ini akan mempengaruhi jumlah freon itu sendiri. Rata-rata pengisian freon dilakukan 3-6 bulan sekali. Anda patut mencatat hal ini.

Beri Jeda Istirahat

Meski merupakan sebuah mesin, AC pun butuh waktu untuk mengistirahatkan diri. Jika tidak terlalu penting, ada baiknya luangkan waktu beberapa menit untuk mematikan AC. Tentu ini akan sangat membantu merawat mesin AC agar tetap tahan lama.

Anda bisa memberikan jeda minimal 1 jam sehari. Penggunaan AC yang tepat tentu akan membuat AC jadi lebih tahan lama. Jangan biarkan AC terus hidup berhari-hari tanpa jeda waktu.

Ketiga cara perawatan AC split yang benar di atas merupakan cara paling sederhana. Pada poin satu dan tiga bisa Anda terapkan sendiri. Sementara untuk poin yang kedua, ada baiknya memanggil tukang AC agar tidak salah pengisian. Jika hal di atas bisa jadi perhatian, maka AC anda akan awet dan tetap memberikan rasa sejuk.