Inilah Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Pemakaian AC di rumah meningkat semenjak masa pandemi Covid-19, kondisi yang membuat semua orang berada di rumah saja membuat tagihan listrik pun ikut naik. Pengguna biasanya tidak sadar bahwa AC juga bisa menyebabkan biaya yang besar pada tagihan listrik. Nah, ada beberapa cara dalam penghematan AC di rumah agar tidak boros dan tetap hemat kantong setiap bulannya. Berikut ini Tips menghemat listrik saat menggunakan AC yang bisa Anda coba:

1. Keadaan harus tertutup saat menyalakan AC

Kebiasaan ini ternyata bisa menjadi langkah penghematan AC. Memastikan keadaan ruangan tertutup, sirkulasi udara AC jadi tidak terbuang sia-sia ke ruangan lain sehingga suhu udara yang sudah diatur pada remote dapat tercapai dan kerja AC menjadi lebih efisien. Bandingkan dengan ruangan yang terbuka lalu menggunakan AC, itu akan menyebabkan udara dingin AC akan keluar dan pendinginan menjadi tidak optimal.

2. Hindari sering mematikan AC jika hanya keluar ruangan sebentar

Hal ini sering dilakukan banyak orang karena berpikir bahwa dapat mengirit tagihan listrik. Alih-alih ingin menghemat listrik Anda mematikan AC dan keluar ruangan beberapa saat dan menyalakannya kembali. Tindakan ini salah karena ini hanya akan membuat AC menjadi lebih boros.

Bagian Kompresor menyala saat pertama kali  akan membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan membuat AC menyala secara konsisten sehingga ini menyebabkan listrik boros. Jadi, sebaiknya biarkan saja AC terus menyala di ruangan Anda, Jika Anda hanya bepergian selama 15-30 menit maka kondisi AC biarkan stabil dan jangan di setel on off kan agar tagihan listrik Anda lebih irit.

3. Memilih AC Jenis Inverter

Ada beragam jenis AC yang ditawarkan salah satunya adalah AC dengan teknologi inverter. Teknologi ini memiliki compressor yang mempunyai fungsi lebih canggih dan fleksibel yang berfungsi menurunkan atau menambahkan beban kompresor, maka secara otomatis akan mengikuti keadaan di dalam maupun di luar ruangan.

Kekurangan AC inverter ini terletak pada harganya yang lebih mahal dari jenis AC biasanya. Namun, untuk kebutuhan jangka panjang akan sangat direkomendasikan menggunakan AC jenis inverter, selain dapat menghemat tagihan listrik juga lebih awet.

4. Pilih AC yang memiliki sensor gerak

Banyak AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi sensor yang dapat mendeteksi manusia atau gerakan tubuh. Fungsi sensor gerak ini dapat mengurangi kerja kompresornya dan membuat tagihan lebih irit. Bandingkan dengan AC yang mendeteksi banyak gerakan dan manusia sehingga otomatis akan bekerja sedikit lebih keras agar udara tetap dingin sehingga menimbulkan tagihan listrik naik.

5. Rajin Melakukan Service Secara Rutin

Tips ini adalah yang paling penting karena mempengaruhi keadaan AC. Bagian dalam atau luar AC perlu dicuci rutin supaya tidak ada debu dan kotoran yang menempel pada suku cadang yang akan mengakibatkan kinerja AC lebih berat sehingga Kompresor membutuhkan tenaga tinggi untuk mendinginkan ruangan.

Service AC secara rutin harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam AC, minimal setiap tiga bulan sekali. Jika dilakukan secara sembarangan maka akan menimbulkan kerusakan di bagian AC. Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya bisa menggunakan jasa AC service di Sentosa Teknik yang merupakan perusahaan jasa maintenance teknik pendingin yang melayani jasa service sejak 2015.

Sentosa teknik juga sudah menyediakan tenaga profesional untuk mengatasi masalah air conditioning. Selain itu, Sentosa teknik juga menyediakan layanan kontrak service bulanan yang memudahkan Anda untuk setiap bulan melakukan service ac. Untuk informasi lebih lanjut dapat melihat di website jogja-ac.com.