3 Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Dicuci

AC atau pendingin ruangan sudah banyak digunakan di sekolah, rumah, perkantoran, hotel, kampus dan tempat umum lainnya. Dengan adanya AC, ini akan membuat tempat tersebut menjadi lebih dingin apalagi ketika musim kemarau. Selain itu, menggunakan AC juga dapat mengurangi udara yang bercampur dengan kuman bakteri dan partikel berbahaya sehingga membuat lebih nyaman.

Cara merawat AC salah satunya adalah pencucian untuk melakukan pembersihan kotoran yang ada di dalam bagian indoor agar AC dapat lebih menghasilkan kualitas udara yang bersih dan sejuk di dalam ruangan. Namun, biasanya masalah yang timbul setelah AC dibersihkan adalah kualitas udara AC malah menurun dan tidak dingin.

Untuk itu, Anda harus mengetahui 3 penyebab AC tidak dingin setelah dicuci beserta cara mengatasinya di bawah ini :

Saat setelah Pencucian terjadi Penyumbatan

Terjadinya penyumbatan pada saluran pembuangan karena adanya lendir atau kotoran yang terlewat dibersihkan dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Kotoran yang biasanya terapung bersama air tidak berhasil semuanya keluar dari selang pembuangan sehingga menumpuk pada bagian tersebut.

Cara mengatasinya dapat dengan menyemprot selang atau saluran pembuangan agar kotoran dan lendir dapat dengan lancar terdorong bersama arus air dan tidak meninggalkan sisa yang menyumbat.

Masalah pada Kompresor

Kompresor bisa dianggap sebagai jantung AC yang mempengaruhi keluarnya udara menjadi tidak dingin. Bagian kompresor ini memiliki tugas untuk memompa pada bagian sirkulasi Freon ke seluruh bagian pipa instalasi mulai dari kondensor hingga evaporator kembali ke kompresor. Namun jika kompresor berkinerja lemah dan mati tidak ada ada udara dingin yang dihasilkan.

Cara mengatasinya dapat dengan melakukan pengecekan kompresor dengan mengamati bagian outdoor. Jika kompresor mati maka akan menghasilkan getaran yang halus dari kipas blower dan tidak disertai getaran dari kompresor sendiri.

Terjadi kebocoran pada Freon AC

Banyak orang yang salah menganggap saat pencucian AC Freon harus diisi atau istilahnya melakukan proses tambah Freon. Padahal hal tersebut dapat dilakukan sebelum proses pencucian AC ini untuk memastikan bahwa apakah AC sudah mengalami penurunan kualitas udara dingin. Karena AC yang tidak dingin salah satunya disebabkan oleh kebocoran Freon.

Cara untuk mengatasinya dapat dengan melakukan pengecekan titik kebocoran itu terjadi dengan melakukan uji coba air sabun menggunakan spon dan sabun hingga berbusa. Selain itu juga dapat dengan mengamati ada atau tidaknya oli yang merembes keluar dari sambungan instalasi pipa baik indoor maupun outdoor.

3 Penyebab di atas merupakan masalah fatal yang dapat merusak AC. Apalagi jika Anda mencoba mengatasinya sendiri tanpa pengetahuan yang cukup hanya akan mengakibatkan AC semakin rusak dan tidak dapat digunakan. Untuk itu walaupun cara mengatasi di atas sudah tersedia disarankan untuk tetap memanggil Teknisi Service AC terpercaya.

Service AC profesional di daerah Yogyakarta adalah Sentosa Teknik yang menyediakan jasa maintenance teknik pendingin dengan ditangani oleh tenaga profesional di bidangnya dalam segala hal masalah tentang pendingin ruangan.

Masalah seperti penyumbatan atau kebocoran Freon dapat mudah diatasi karena sudah mempunyai banyak pengalaman mengesankan di bidang service AC Jogja.

Sentosa Teknik juga menawarkan Kontrak service bulanan untuk melakukan perawatan rutin bulanan ac agar tetap menjaga kualitas pendinginan. Selain itu, Service AC rutinan juga sangat penting dilakukan untuk menjaga performa setiap komponen pada AC.

Pelayanan terbaik dari teknisi yang sudah handal dan berpengalaman ada di Sentosa Teknik. Untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut dapat menghubungi 081325957722 bisa via WhatsApp dan telepon atau langsung saja buka website resminya di jogja-ac.com.