Tips Memakai AC Yang Benar Dan Tahan Lama

AC atau pendingin ruangan saat ini memang sudah menjadi bagian terpenting dalam kebutuhan rumah. Dengan adanya AC maka anda bisa beristirahat di dalam ruangan dengan keadaan nyaman, baik pada malam hari maupun di siang hari.

Ada berbagai keunggulan dan fitur dari setiap AC yang ditawarkan. Meski demikian, semua itu tak terlihat maksimal jika anda tidak tahu bagaimana cara memakai AC dengan benar. Bisa jadi selama ini anda hanya mengetahui sedikit tentang pendingin ruangan sehingga membuat anda tidak melakukan perawatan lebih dan penggunaan AC secara tepat. Salah satu yang mempengaruhi keawetan dan daya tahan adalah dengan mengatur suhu AC dengan tepat.

Sebagai referensi untuk anda, berikut ini  tips memakai AC yang benar yang bisa anda coba.

Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat mengatur suhu AC adalah ruangan harus tertutup rapat. Untuk itu, segala celah udara baik dari pintu hingga jendela harus diperhatikan. Semakin banyak sudut ruangan yang terbuka, maka semakin berat kerja AC terlebih jika sirkulasi ruangan tidak bagus. Anda harus memastikan bahwa suhu dingin di dalam ruangan tidak sampai terbuang percuma karena kelalaian dalam desain ruangan.

Mulai dari 25 Derajat

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, AC seperti Toshiba Air Conditioning membutuhkan proses untuk bisa menyala. Jadi, anda disarankan untuk tidak langsung mensetting AC pada suhu rendah.

Akan terjadi suatu kesalahan apabila anda men-setting AC suhu 16 derajat karena ingin ruangan anda cepat dingin. Nah, untuk membuat AC anda menjadi awet dan tahan lama, lebih baik anda mensetting AC pada suhu 25 derajat saat hendak memulai. Dengan ukuran suhu senyaman ini, maka AC akan bekerja secara perlahan, untuk menjaga semua komponen pun berbagi perannya masing-masing.

Bukan cuma itu saja, suhu tubuh anda harus mampu beradaptasi dengan baik. Jadi, bukan hal yang baik juga apabila anda langsung mengatur suhu AC di angka yang paling rendah.

Turunkan Secara Perlahan

Kompresor AC akan mulai bekerja normal 5-10 menit awal. Setelah itu, Anda bisa menurunkan suhu lebih rendah lagi, namun harus perlahan.

Anda disarankan agar menurunkan AC dimulai dari 1-4 derajat di awal. Biarkanlah sejenak hingga anda bisa merasakan suhunya dulu, setelah itu barulah anda menurunkannya lagi namun bila memang merasa masih dingin. Lakukan hal yang sama saat mau menaikkan suhu AC. Cara yang satu ini juga termasuk efektif sebagai salah satu tips memakai AC yang benar.

Hal yang sama juga berlaku apabila anda ingin menaikkan suhu AC. Jadi, tidak disarankan untuk anda menaikkan suhu lebih dari 5 derajat secara beruntun. Karena ditakutkan kompresor dan filter di dalamnya akan bekerja lebih keras, sehingga mempercepat proses keausan dan ini akan menjadi masalah.

Suhu Khusus Tidur

Sama halnya dengan proses pendinginan AC, tidur juga membutuhkN proses. Jadi, anda disarankan untuk mengatur suhu AC jauh sebelum anda benar-benar terlelap.

Sebagian besar orang mungkin merasa lebih nyaman saat tidur dengan suhu yang lebih hangat. Ada baiknya anda naikkan tingkat suhu AC paling tidak 4 derajat lebih tinggi dari suhu yang biasa anda gunakan, sehingga anda bisa tetap merasakan dingin tanpa harus sampai kedinginan.

Namun, jika Anda termasuk yang bisa lebih bisa pulas dengan suhu dingin, kembalikan saja pengaturannya seperti saat di siang hari, yang berkisar pada 16-20 derajat, tergantung preferensi Anda.

Manfaatkan Mode Auto

Setiap perangkat dari AC modern, seperti misalnya Toshiba Air Conditioning telah dilengkapi dengan fitur Mode Auto. Adapun fungsi dari fitur ini adalah mengatur suhu dengan otomatis.

Sebagai gambaran, jika anda sudah mulai menyalakan AC pada suhu 25 derajat, mode tersebut akan secara otomatis langsung memerintahkan kompresor untuk bekerja dengan ukuran waktu. Suhunya pun akan terus berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi ruangan anda, maulai dari isi ruangan dan suhu normal ruangan.

Pastikan Daya Listrik Cukup

Suhu udara di dalam ruangan tidak akan maksimal jika daya listrik yang tersedia naik turun. Sebagai gambaran besar, AC hemat listrik dapat menekan konsumsi penggunaan watt hingga setengahnya. Jika listrik di rumah Anda berdaya 900 watt, makan AC dengan teknologi inverter hanya menggunakan 350-400 watt saja. Jadi, sisa daya dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti memasak, perangkat elektronik hiburan hingga penggunaan mesin air listrik.

Menariknya, kini sudah ada banyak pilihan AC seperti Toshiba Air Conditioning yang menghadirkan teknologi inverter. Jadi, anda tidak perlu khawatir kalau nantinya malah jadi membayar lebih untuk biaya daya listrik.

Matikan Saat Keluar Ruangan

Selain bermanfaat bisa menghemat daya listrik, kebiasaan mematikan AC seperti Toshiba Air Conditioning dapat membuat usia perangkat jadi lebih tahan. Sehingga suhu yang dihasilkan akan menjadi konsisten.

Matikan jika tidak digunakan. Saat Anda meninggalkan rumah, lebih dianjurkan untuk mematikan AC, terlebih jika Anda berencana meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa tips memakai AC yang benar. Nah, apabila dalam pemakaian AC anda mengalami masalah yang membuat anda jadi tidak nyaman, kami dari Sentosa Teknik (jogja-ac.com) menyediakan jasa service AC untuk mengatasi masalah pada AC anda. Hubungi kontak kami.